Seputar Militer

Kostrad Gelar Latihan Menembak PDF Cetak Email
Kamis, 24 November 2011 06:13
Prajurit Kostrad melaksanakan latihan menembak di Batalyon Kavaleri 1/ Kostrad Cijantung, Jakarta Timur, Kamis ( 24/11 ). Kegiatan latihan menembak Triwulan IV tersebut dilaksanakan dari tanggal 21-24 Nopember 2011 diikuti oleh Bintara, Tamtama Makostrad yang bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan dan kemampuan menembak senjata ringan khususnya M-16 A1.
PANGLIMA TNI IRUP UPACARA PEMBUKAAN LATIHAN GELADI POSKO GABUNGAN TNI TINGKAT BATALYON TAHUN 2011 PDF Cetak Email
Kamis, 24 November 2011 04:55
Singosari, Malang, Selasa (22/11), Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E., selaku Inspektur Upacara dalam pembukaan Geladi Posko TNI Gabungan TNI Tingkat Batalyon TA 2011.Agar diperoleh kesiapsiagaan yang tinggi, maka TNI telah memprogramkan Latgab (Latihan Gabungan) TNI Tingkat Batalyon dalam bentuk kegiatan Geladi Posko Gabungan TNI Tingkat Batalyon, yang bertujuan meningkatkan kemampuan profesionalisme unsur-unsur pimpinan dalam prosedur hubungan Komando dan Staf Gabungan TNI guna mendukung pencapaian tugas pokok dalam kesiapan Geladi Lapang yang akan dilaksanakan pada tanggal 10 Desember 2011 di Dumai Kepulauan Riau yang melibatkan tiga Angkatan.

Kepada peserta geladi, Panglima TNI menekankan agar melaksanakan geladi ini dengan penuh kesungguhan, dedikasi dan disiplin tinggi serta penuh rasa tanggungjawab ; Pelihara realisme geladi dan disesuaikan dengan perkembangan lingkungan strategis serta kemungkinan kontinjensi yang mungkin timbul di wilayah daratan, sehingga dapat mewujudkan suatu konsep strategi penangkalan dan penindakan yang dapat dioperasionalkan dalam kondisi yang sebenarnya. Rencana operasi yang dirumuskan harus dapat memvisualisasikan gambaran konsep operasi yang terintegrasi dan terkoordinasi, baik berupa manuver maupun bantuan yang diperlukan ; Temukan dan inventarisasi berbagai permasalahan yang berhubungan dengan kesiapan personel, materiil serta piranti lunak pada satuan dibawah komando dan kendali operasi Latgab TNI jika dihadapkan kepada tugas yang sebenarnya ; Berdayakan sumber daya manusia dan manfaatkan sumber dana yang tersedia secara maksimal, sehingga dapat mencapai tujuan dan sasaran geladi dengan efektif dan efisien.

Geladi Posko Gabungan TNI Tingkat Batalyon 2011 ini dilaksanakan di Madivif 2 Kostrad mulai tanggal 22 November sampai dengan 25 Nopember 2011, latihan ini merupakan bagian dari system pembinaan latihan angkatan Darat yang telah disesuaikan dengan program kerja satuan yang dilaksanakan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut, dimana latihan ini harus disimulasikan dalam bentuk gelada Mako yang disusun dengan cermat dan disesuaikan dengan sekenario latihan.

Tujuan Geladi Mako ini, untuk meningkatkan kemampuan para Komandan dan Staf dalam merencanakan suatu operasi serta untuk meningkatkan profesionalisme dan sebagai sarana untuk menguji bagi Komandan dan Staf tingkat Tingkat Batalyon dalam melaksanakan suatu perencanaan operasi yang diikuti oleh Tiga Matra (TNI AD,TNI AL dan TNI AU) sejumlah 750 orang yang terlibat pada Upacara pembukaan Geladi Posko Gabungan TNI Tingkat Batalyon 2011, yang bertindak sebagai komandan upacara, Kolonel Inf Shidi Purnomo, jabatan sehari-hari Komandan Brigade Infanteri Linud 18.

Hadir dalam upacara ini antara lain, Pangkostrad Letjen TNI A.Y. Nasution, Para Asisten Panglima TNI, serta para Asisten masing-masing angkatan.

Sertijab Danyonif 321/GT Kostrad PDF Cetak Email
 Kamis, 24 November 2011 04:50
Jabatan Komandan Batalyon Infantri 321 Galuh Taruna Kostrad, diserahterimakan dari Letnan Kolonel Inf Heri Susanto kepada Letnan Kolonel Inf Gatot Heru Buana, yang sebelumnya menjabat Kasi Pembinaan Personil di Markas Divisi Infanteri Kostrad- Cilodong.Selama kurang lebih 1,3 tahun perwira jebolan Akmil 1990 memimpin Batalyon Infantri 321 Galuh Taruna, kini pria kelahiran Sukabumi dipromosikan menjadi Komandan Kodim Kabupaten Nganjuk Jawa Timur.

Meski terhitung cukup singkat, kepada sejumlah wartawan, Letkol Inf Heri mengaku waktu 1,3 bulan bertugas di Majalengka ini sangat berkesan dalam perjalanan karirnya. Pasalnya, selama ini, banyak hal positif yang telah diperbuat oleh kesatuan yang dipimpinnya ini.

Salah satunya, dengan kerjasama yang baik dengan pemerintah daerah, prajurit Yonif 321 Galuh Taruna dapat ikut andil dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan menjalankan program Tentara Manunggal Desa Mandiri (TMDM) dengan ikut menyokong pembangunan infrastruktur masyarakat di pedesaan.

“Dari kesatuan kami (Yonif), rasanya hanya disini yang sudah melaksanakan program yang berawal dari sinergitas kerjasama TNI dengan pemerintah. Tahun 2010 dan 2011 ini, total telah 5 kecamatan yang kami bantu melalui program ini,” ujarnya.

Disebutkan, dalam program berbentuk plesterisasi Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) dan plesterisasi gang dan jalan blok di desa-desa ini, 5 kecamatan yang sudah merasakanya diantaranya Sukahaji, Cigasong, Panyingkiran, Lemahsugih, dan Ligung.

Disamping itu, selama kepemimpinannya, meski tidak melaksanakan Operasi Militer Perang (OMP), namun prajurit Yonif 321 kala itu justru banyak melakukan Operasi Militer Selain Perang (OMSP) dalam rangka pengabdian masyarakat. Diantaranya melakukan aksi serangan fajar membersihkan lingkungan kawasan Kota Majalengka, aksi donor darah, penyantunan anak yatim serta dhuafa, dan lain sebagainya.

Dikatakannya, dalam 1,3 tahun heri juga mengaku cukup puas atas apa yang telah ditanamkannya kepada para parjurit anggota Yonif. Yakni dengan beragam kepedulian sosial masyarakat ini hubungan yang terjalin antar prajurit dan masyarakat lebih harmonis dan dapat diterima dengan baik.

“Hubungan dengan unsur Muspida lainnya juga terjalin harmonis. Baik dalam urusan dinas dan tugas, maupun hubungan secara pribadi. Saya harap, meski sudah tidak dipimpin saya, keharmonisan kami dengan seluruh elemen masyarakat dapat terus terjalin,” ujarnya.

Penkostrad Gelar Penataran Jurnalistik dan Fotografi PDF Cetak Email
 Selasa, 22 November 2011 06:09
Dalam upaya meningkatkan kemampuan personel dalam bidang jurnalistik dan fotografi, Penerangan Kostrad menyelenggarakan penataran jurnalistik dan fotografi di Ruang Puskodal Kostrad ( 22/11 ). Penataran yang berlangsung selama 2 hari ( 21-22 Nopember 2011 ), diikuti oleh 20 orang peserta, berasal dari Penerangan Kostrad dan Penerangan Divif-1 Kostrad. Hari pertama, peserta mendapatkan materi tentang dasar-dasar jurnalistik, elemen dan teknik reportase yang di sampaikan oleh Junaedi Suswanto dari LKBN Antara. Hari kedua, disampaikan teknik dasar fotografi dan pratek yang disampaikan oleh Yoyon. Kepala Penerangan Kostrad Letkol Kav Albiner Sitompul dalam sambutannya menyatakan tiga kemampuan dasar yang harus dimiliki insan Penerangan adalah menulis, berbicara dan memotret ( fotografi ). Ketiga kemampuan tersebut perlu terus diasah dan ditingkatkan guna mendukung pelaksanaan tugas pokok Penkostrad.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: